Selasa, 13 Desember 2016

Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon

         Nasi Jamblang atau disebut juga Sega Jamblang merupakan salah satu makanan khas daerah Cirebon, Jawa Barat. Nasi jamblang ini mempunyai ciri khas yang unik, yaitu dibungkus dengan daun jati sehingga mempunyai rasa yang gurih dan aroma sedap khas nasi jamblang. Namun, siapa sangka ternyata makanan ini mempunyai cerita tersendiri di dalamnya.
Nasi Jamblang
Sumber: http://www.tribunnews.com/

         Lauk nasi jamblang biasanya beragam, yaitu terdiri dari sayuran, daging, ayam, tempe, tahu, dls. Nasi Jamblang ini sekarang tidak hanya ditemukan di daerah Cirebon, namun juga telah menjadi kuliner harian yang dapat dijumpai di berbagai tempat.  

         Sekitar tahun 1847, pada waktu itu kolonial Belanda membangun sebuah pabrik gula di wilayah Gempol Palimanan, pabrik gula di Plumbon, dan pabrik spirtus di Palimanan. Untuk membangun pabrik-pabrik tersebut, maka dibutuhkan pekerja yang cukup banyak. Menurut sejarah, diceritakan ada seorang pengusaha pribudi asal Jamblang yaitu H. Abdul Latief meminta istrinya Tan Piauw Lun atau Nyonya Pulung untuk memberikan sedekah makanan berupa nasi dan lauk pauk secukupnya. Nasi tersebut dibungkus dengan daun jati dan diberikan kepada pekerja di pabrik. Kemudian, berita tersebut menyebar dan mendapat respon positif dari para pekerja. Karena hal tersebut, akhirnya Nyonya Pulung memutuskan untuk membuka usaha Nasi Jamblang di dekat rumahnya di Blok Cengkang Barat Jamblang. Saat ini, Nasi Jamblang Nyonya Pulung berganti nama menjadi Nasi Jamblang Tulen, lalu kemudian bisnisnya dijalankan dan dikelola secara turun menurun. 

         Nasi jamblang ini dibungkus menggunakan daun jati. Alasan nasi jamblang dibungkus dengan daun jati karena daun jati tidak mudah sobek, dan juga nasi menjadi awet tidak cepat basi jika disimpan cukup lama. Selain itu, penggunaan daun jati ini adalah sebagai pengganti piring yang belum ada pada saat itu. 

Referensi:
Panji. 2016. Nah Ini Dia! Menelusuri Asal Usul Nasi Jamblang Cirebon. Diakses dari http://fokusjabar.com/2016/01/03/nah-ini-dia-menelusuri-asal-usul-nasi-jamblang-cirebon/ pada 10 Desember 2016.

Priyono, D. 2015. Sejarah dan Asal Usul Nasi Jamblang Khas Cirebon. Diakses dari https://www.bersosial.com/threads/sejarah-dan-asal-usul-nasi-jamblang-khas-cirebon.29274/ pada 10 Desember 2016.

Tribunnews. 2013. Ke Cirebon, Nikmati Nasi Jamblang Dengan Variasi  40 Lauk. Diakses dari http://www.tribunnews.com/lifestyle/2013/05/12/ke-cirebon-nikmati-nasi-jamblang-dengan-40-variasi-lauk pada 10 Desember 2016.

1 komentar: