Selasa, 13 Desember 2016

"Mie Des", Mie Unik Dari Bantul

Mie Des Khas Bantul, Yogyakarta
Sumber: http://jajanjogja.com/

         Hallo readers! Kali ini aku mau bahas "Mie Des" dari daerah Bantul. Aku baru tahu, ternyata ada mie khas Indonesi punya. Mie Des merupakan salah makanan khas daerah Bantul yang terbuat dari bahan alami yaitu umbi-umbian (ubi kayu/singkong). Mie des ini juga sering disebut dengan bakmi pedes dari Kecamatan Pundong, Bantul, Yogyakarta.

        Pundong merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Bantul, Yogkyakarta. Menurut Noor Sulistyo Budi dalam penelitiannya yang berjudul "Mie Des Khas Kuliner Tradisonal Pundong, Bantul, Yogkarta" disebutkan bahwa Mie Des ada sejak tahun 1960 ysng dipelopori oleh Alm. Bapak Perwiro Sentono alas Gutik. Mie des ini berasal dari kata "bakmie pedes" karena memang disajikan dengan rasa pedas. 

         Mie des ini merupakan makanan unik, karena rasa mienya berbeda dari yang pada umumnya. Mie des juga punya berbagai macam nama. Mie des ini disebut juga Mie Des Bomber karena ketika dimasak mienya mengembang dan besar. Mie des juga disebut mie pentil karena teksturnya yang kenyal seperti pentil. Mie des ini dibungkus dengan daun jati, pisang, atau perpaduan dari keduanya, sehingga tergolong makanan yang unik.


Referensi:
Budi, N.S. 2014. Mie Des Khas Kuliner Tradisional Pundong, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Jantra Vol 9 No.1. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta

3 komentar:

  1. wah enak ni, pengen nyoba resep mie des godoknya,,kayaknya lezat banget...
    Cvtugu

    BalasHapus
  2. enaknya kue khas jogja, murah dan mudah didapat..nanti pengen nyoba lah..
    Dk Tour Jogja

    BalasHapus